Apa itu adu penalti? Perbedaan antara adu penalti dan tendangan penalti

Apa itu adu penalti

Tendangan penalti adalah tendangan bebas antara dua tim saat pertandingan berakhir imbang, dilakukan pada jarak 11 meter untuk menentukan pemenang keseluruhan. Pelajari tentang tendangan penalti di rumah w88!

Apa itu adu penalti?

Adu penalti adalah cara untuk menentukan pemenang pertandingan ketika hasilnya imbang. Setelah 2 kali tendangan resmi dan 1 kali perpanjangan waktu, namun kedua kubu masih belum bisa menentukan pemenang atau pecundang, maka akan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Kedua tim akan bergiliran melakukan tendangan bebas dengan jarak 11m, masing-masing tim akan melakukan 5 tendangan pinalti, jumlah hasil tim yang lebih banyak memasukkan bola ke gawang, tim tersebut yang menang. Karena hanya 1 pemain dan 1 penjaga gawang yang menyelamatkan setiap penalti, tekanan psikologis sangat besar bagi para pemain.

Aturan tendangan penalti 11m terbaru

Aturan adu penalti ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola FIFA.

Aturan Dasar Penalti
– Hanya pemain yang masih berada di lapangan setelah babak terakhir yang diperbolehkan melakukan tendangan penalti.

– Untuk menentukan tim yang melakukan tendangan terlebih dahulu, wasit akan bergabung dengan kapten kedua tim untuk melakukan prosedur lempar koin.

– Setiap tim akan memiliki tepat 5 tendangan penalti, total kedua tim adalah 10 tendangan penalti bergantian.

– Setelah peluit wasit, pemain baru mulai menembakkan bola ke gawang.

Keadaan yang membutuhkan adu penalti
Tidak setiap pertandingan dapat dilakukan adu penalti, berikut adalah tiga situasi di mana wasit akan mempertimbangkan untuk mengizinkan dua tim melakukan tendangan penalti:

– Tendangan penalti hanya diterapkan setelah 2 tim melakukan 2 tendangan tambahan dan skor masih imbang.

– Untuk turnamen yang diterapkan menurut leg pertama dan kedua di kandang – tandang juga ada aturan gol tandang. Artinya, setelah 2 babak tambahan dan satu gol tandang, namun tetap tidak ada perubahan skor, akan dilakukan adu penalti.

– Pertandingan untuk adu penalti ini harus di babak sistem gugur. Dilarang melakukan pertandingan akumulasi poin di babak pertama. Dalam banyak kasus, wasit dapat memerintahkan adu penalti meski tidak ada perpanjangan waktu.

Pelanggaran hukuman penalti
Selain memahami apa itu tendangan penalti, pemain juga harus mengetahui pelanggaran-pelanggaran berikut yang harus dihindari saat melakukan tendangan bebas:

Tembakan pemain dilakukan sebelum peluit wasit dibunyikan.

– Bola tidak ditempatkan pada posisi yang benar pada jarak 11m sesuai aturan adu penalti.

– Kiper bergerak ke luar garis gawang sebelum pemain mulai menendang bola.

– Secara otomatis mengubah pemain untuk melakukan tendangan bebas ketika tidak ada sinyal persetujuan dari wasit.

– Pemain yang tidak seharusnya menangkap bola kehabisan untuk memblokir bola dalam adu penalti.

Pemain diperbolehkan melakukan tendangan pinalti

Menurut Undang-Undang Sepak Bola FIFA 2022 terbaru, hanya pemain yang melakukan tendangan di lapangan pada akhir pertandingan yang dapat berpartisipasi dalam adu penalti. Pemain yang telah melakukan tendangan sebelumnya tidak akan dipilih untuk melakukan tendangan bebas ini.

Selama adu penalti, jika salah satu dari lima pemain yang dipilih cedera, pemain lain dapat diganti. Menurut aturan, pemain pengganti ini hanya bisa diganti jika tim belum menggunakan semua pergantian pemain dalam pertandingan.

Selain itu, bagi pemain yang tidak terpilih untuk adu penalti, mereka akan berkumpul di tengah lapangan untuk menonton.

Perbedaan antara adu penalti dan tendangan penalti
Bagi yang sudah lama menggemari sepak bola, perbedaan antara tendangan pinalti dan tendangan pinalti mungkin bisa dibedakan, namun bagi pemain baru masih cukup sulit membedakannya.

Tendangan penalti adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada situasi di mana dua tim bergiliran menendang bola ke gawang.
Penalti Inggris adalah penalti, pertandingan bisa muncul banyak penalti. Wasit akan memberikan penalti ketika seorang pemain dengan sengaja melakukan pelanggaran serius selama perselisihan dengan pemain lain di area penalti.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *